Kenali Perbedaan Monoshock dan Dual Shock 

Author: Novi Dania
Date: 6 July 2020

Peredam kejut biasa dikenal dengan nama suspensi atau juga shockbreaker adalah salah satu komponen yang menjadi pertimbangan seseorang sebelum menentukan pilihan untuk membeli sebuah sepeda motor. Shockbreaker sendiri berfungsi untuk meredam kejut dari jeleknya kondisi jalan yang dilintasi dan juga memiliki peran penting untuk kestabilan saat berkendara. Tidak hanya itu, shockbreaker membantu meredam getaran saat kendaraan melintasi jalanan berlubang. Bagi orang yang awam, mungkin belum banyak yang mengetahui jika shockbreaker pada sepeda motor yang sering kita jumpai di jalanan itu memiliki dua jenis, yakni monoshock dan dual shock. Lalu apa perbedaan diantara keduanya? Adakah keunggulan kekurangan dari masin-masing jenis shockbreaker tersebut? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Jenis Shockbreaker Motor:


1. Monoshock


Sepeda motor yang menggunakan monoshock berarti hanya memiliki satu suspensi atau satu shockbreaker saja. Kendaraan yang menggunaan monoshock biasanya menempatkan shockbreaker di bagian roda belakang dan posisinya ada di tengah. Adapun keunggulan dan kekurangan sepeda motor yang menggunakan monoshock diantaranya:

Keunggulan



  • Lebih stabil dalam meredam guncangan.

  • Memiliki ukuran yang ideal sehingga tidak memakan tempat saat dipasang.

  • Banyak digunakan untuk motor sport dan skuter metik

  • Nyaman digunakan saat melintasi cornering di jalan beraspal karena bobotnya yang ringan dan karakternya yang kaku


Kekurangan



  • Tidak direkomendasikan untuk menopang beban yang berat. Karena jika motor yang yang menggunakan monoshock mengangkut beban yang berat lalu menghantam lubang, maka akan terasa sangat over

  • Ketahanan atau usianya dikenal lebih pendek


2. Dual Shock


Sepeda motor yang menggunakan dual shock berarti kendaraan tersebut menggunakan shockbreaker ganda. Jenis sepeda motor yang menggunakan dual shock biasanya berjenis motor bebek atau motor pedal dan motor jenis kargo yang memang diprioritaskan untuk mengangkut beban yang berat. Letak dari shockbreaker ganda pada motor yakni ada di bagian belakan tepatnya di sebelah kanan dan kiri. Shockbreaker jenis dual shock pun juga memiliki keunggulan dan kekurangan, diantaranya sebagai berikut:

Keunggulan



  • Lebih kuat dalam mengangkut beban, namun tetap ada batasan maksimum yang diberikan oleh pabrik pembuatnya

  • Lebih awet dari segi penggunaan

  • Mampu meredam kejut dan getaran lebih baik saat kendaraan melintasi kondisi jalan aspal yang kurang baik

  • Lebih empuk saat berboncengan

  • Memiliki biaya perawatan yang lebih murah


Kekurangan



  • Kurang optimal saal bermanuver

  • Berat masing-masing shockbreaker berbeda jadi, membuat kestabilan rendah saat menikung tidak sebaik motor yang menggunakan monoshock


Kedua jenis shockbreaker memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung kebutuhan dan karakter dari motor itu sendiri. Begitu juga dengan pengguna seperti kita, ingin membeli dan menggunakan motor dengan suspensi yang seperti apa, kembali lagi ke selera dan kebutuhan.


Have an enquiry? Choose how you'd like to get in touch below.

Maxxis Contact
: (021) 80677800
: ptmmaxxis@gmail.com
: Maxxisid
: maxxis.id
: Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok CG No.1, Kelurahan, Pasirranji, Kec. Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat 17530
Map Location