Ketahui Penyebab Knalpot Motor 4 Stroke Ngebul

Author: Novi Dania
Date: 23 July 2020

Sepeda Motor bermesin 2-tak kini tidak lagi diproduksi di Indonesia


Motor bermesin 4 stroke atau lebih popular dengan sebutan 4-tak diketahui tidak mengeluarkan asap saat mesin dihidupkan. Berbeda halnya dengan sepeda motor bermesin 2-tak yang memang terkenal knalpotnya mengeluarkan asap putih. Hal tersebut juga yang membuat sepeda motor  bermesin 2-tak kini tidak lagi diproduksi di Indonesia karena dinilai menimbulkan polusi udara dan tidak ramah lingkungan.

Era kejayaan motor 2-tak mungkin sudah habis. Namun siapa sangka, peminatnya masih tetap ada bahkan banyak. Biasanya para pemburu motor 2-tak adalah kolektor kendaraan jadul. Beberapa motor 2-tak yang masih digandrungi contohnya saja Yamaha RX King, Yamaha F1ZR, Honda NSR dan Suzuki Satria 2-tak, dan tentu masih banyak lagi. Namun karena Indonesia telah mengikuti standar  emisi Euro 4 tahun 2018, jadi produsen sepeda motor di Indonesia hanya memproduksi motor bermesin 4-tak yang dinilai lebih ramah lingkungan dan sebagai penyempurna dari sepeda motor bermesin 2-tak.

Jika sepeda motor bermesin 2-tak dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan 2-tak, kenapa masih kita temui motor 4-tak namun knalpotnya masih mengeluarkan asap? Apa penyebabnya? Mari simak penjelasan sederhana berikut.



  1. Ring piston sudah lemah


Jika ring seher atau ring piston sudah lemah atau bermasalah, memungkinkan knalpot mengeluarkan asap ngebul apalagi saat digas dengan rpm tinggi.

  1. Oli yang digunakan tidak sesuai standar


Demi menjamin kebutuhan keamanan dan kenyamanan pengguna, oli juga memiliki ukuran standar yang jelas dan terjamin. Jika menggunakan oli untuk kendaraan sebaiknya kita menggunakan oli berstandar Society Of Autmotive Engineers (SAE). Mengapa demikian? Karena SAE yang mengeluarkan standar kekentalan pada oli. Jadi oli yang baik memang harus ada simbol SAE. Kekentalan oli sangat mempengaruhi performa motor. Jika oli yang digunakan encer, maka oli akan berpeluang masuk melalui celah-celah kecil mesin.

  1. Seal Klep Bocor


Seal klep yang berbahan karet jika terkena hawa panas dari mesin maka lama kelamaan akan menjadi getas bahkan sobek. Jika seal klep bocor maka kompresi mesin turut bocor, jika seperti itu performa motor pun ikut menurun dan kebocoran tersebut juga menjadi pemicu timbulnya asap putih pada knalpot motor 4-tak.

  1. Bagian Blok Silinder Baret


Pada komponen motor yang satu ini jangan sampai mengalami baret. Karen jika bagian blok silinder baret maka oli dapat merembes dan masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal itu nantinya akan menimbulkan asap putih pada knalpot.

  1. Gasket atau Packing Kepala Silinder


Timbulnya asap putih pada knalpot 4-tak bisa akibat dari rusaknya bagian permukaan packing yang membuat kompresi bisa saja mengalami kebocoran. Apabila terjadi seperti itu maka oli akan mengalir keluar jalur dan masuk ke dalam ruang pembakaran.

  1. Cerdas Memilih Knalpot


Pemilihan knalpot juga menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan pada kendaraan. Mengapa demikian? Karena perlu kita ketahui, pada knalpot racing sistemnya adalah menyemprotkan oli ke knalpot guna bertahan di suhu yang tinggi. Tapi dampak negatifnya adalah, jika oli tercampur dengan sisa pembakaran maka akan menghasilkan suhu gas knalpot yang tinggi lalu menjadikan knalpot mengeluarkan asap putih.


Have an enquiry? Choose how you'd like to get in touch below.

Maxxis Contact
: (021) 80677800
: ptmmaxxis@gmail.com
: Maxxisid
: maxxis.id
: Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok CG No.1, Kelurahan, Pasirranji, Kec. Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat 17530
Map Location