Motor Metik Jangan Asal Ngegas, Udah Tahu Belum Kapan Waktunya Ganti Vanbelt?
Author: Novi DaniaDate: 15 July 2020
Jika ditanya motor apa yang paling banyak digunakan saat ini, mungkin jawabannya adalah motor metik. Motor metik juga hampir menguasai pangsa pasar kendaraan roda dua di Indonesia. Saat ini banyak masyarakat yang mengandalkan sepeda motor sebagai moda transportasi harian. Kenapa motor metik begitu digandrungi saat ini? Jawabannya adalah karena motor metik mudah digunakan, cocok untuk berbagai usia, perawatan mudah, mesin awet dan banyak motor metik saat ini yang harganya lebih bersahabat dibandingkan dengan motor bebek maupun motor sport. Selain itu, desain motor metik pun sangat beragam dan menarik. Ditambah lagi saat ini produsen sepeda motor banyak menawarkan performa apik pada sepeda motor berjenis metik keluarannya.
Perawatan dan Performa Sepeda Motor Metik
Menyinggung mengenai perawatan dan performa sepeda motor metik, sudah tahu belum kapan waktu yang tepat untuk mengganti vanbelt pada sepeda motor metik? Vanbelt jangan disepelekan loh! Karena vanbelt pada sepeda motor metik memiliki peranan yang penting. Mari kita bahas mengenai vanbelt lebih lanjut.
Dilansir dari Gridoto, Vanbelt memiliki fungsi untuk mengantarkan daya dari mesin dalam hal ini meneruskan putaran primary pulley (puli depan) ke secondary pulley (puli belakang). Sebenarnya vanbelt dan rantai memiliki fungsi yang sama. Namun untuk motor metik lebih mengandalkan vanbelt sedangkan motor bebek dan motor sport lebih mengandalkan rantai. Selanjutnya, apakah kita sudah mengetahui kalau vanbelt memiliki masa penggunaan? Lalu kapan sebaiknya vanbeltn mulai diganti? Berikut penjelasannya.
Vanbelt pada motor metik memiliki masa penggunaannya sendiri yakni sekitar 25.000 kilometer, namun disarankan sebelum menyentuh 25.000 kilometer untuk segera menggantinya. Jangan sampai kita lalai mengganti vanbelt pada sepeda motor agar tidak mempengaruhi performa sepeda motor dan keselamatan berkendara. Karena vanbelt yang sudah usang namun dipaksakan untuk terus digunakan justru akan berbahaya. Vanbelt yang telah usang tidak akan memberikan performa maksimal pada sepeda motor bahkan bukan tidak mungkin juga bisa putus diperjalanan. Jika vanbelt putus tiba-tiba, janget kaget jika pengendara kehilangan kendali dan tidak menutup kemungkinan kecelakaan tidak terhindarkan.
Selanjutnya, bagimana ciri-ciri vanbelt harus diganti selain melihat dari masa batas penggunaan yang kurang dar 25.000 kilometer?
- Vanbelt retak-retak
- Mengeluarkan getaran saat menarik gas pertama kali
- Vanbelt kendur
- Performa tarikan gas berkurang jauh
Tag:
Tips&Trick
Tips&Trick