Tahukah Kita? Membawa Muatan Berlebihan Sangat Membahayakan



Setiap kendaraan pasti ada batas maksimum beban yang bisa diangkut. Apalagi sebuah sepeda motor yang idealnya hanya untuk menopang 2 orang dan memuat muatan barang secukupnya. Namun mirisnya, saat ini masih banyak pemilik motor atau pengendara sepeda motor yang tidak peduli akan anjuran batas maksimum tersebut.

Sangat sering kita temui di jalan-jalan, pengendara motor berboncengan lebih dari dua orang dan membawa barang bawaan berlebih. Selain itu, terlihat juga banyak pengendara yang membawa beban berbobot lebih  di atas motor. Barang-barang yang tidak lazim dibawa menggunakan motor diantaranya seperti kulkas dua pintu, televisi berukuran besar, lemari, mesin cuci dan barang-barang lain yang berukuran dan berbobot besar.

Tapi sadarkah kita jika motor yang membawa muatan berlebih dapat berdampak pada keselamatan pengendara motor dan orang sekitar? Jika berboncengan lebih dari dua orang maupun membawa barang berlebih bukan tidak mungkin keseimbangan berkendara akan berkurang, konsentrasi pun turut tidak terfokus dengan baik dan dapat menyebabkan blind spot. Jika terjadi hal-hal seperti itu maka kecelakaan pun tidak dapat  terhindarkan. Bukan hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga keselamatan orang di sekitarnya. Sebenarnya hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( UU LLAJ), tepatnya Pasal 311 ayat (1) yang berbunyi,

"Setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan kendaraan bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah)".

Mungkin Undang-Undang di atas tidak banyak diketahui, tetapi semoga setelah membaca artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi diri kita. Tidak hanya itu, lebih meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan berkendara juga sangat diharapkan. Keselamatan berkendara akan didapat jika kita bisa berkendara secara nyaman. Kenyamanan berkendara bisa dimulai dari memilih ban dengan cerdas. Memilih dan menggunakan ban dengan performa yang apik dan tingkat kenyamanan mumpuni adalah pilihan tepat. Pilihan terbaik tersebut ada pada ban Maxxis. Sudah teruji ketangguhannya oleh badan penelitian internasional, ban Maxxis sangat direkomendasikan.


Have an enquiry? Choose how you'd like to get in touch below.

Maxxis Contact
: (021) 80677800
: ptmmaxxis@gmail.com
: Maxxisid
: maxxis.id
: Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok CG No.1, Kelurahan, Pasirranji, Kec. Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat 17530
Map Location