Pentingnya Cek Kondisi Motor Sebelum Mudik Lebaran

Author: Novi Dania
Date: 26 April 2022

Cek kondisi motor sebelum berpergian jarak jauh  seperti mudik ke kampung halaman adalah sebuah keharusan. Apalagi jika motor tersebut memang selalu diandalkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Kenapa demikian? Ya tentu saja agar terhindar dari bahaya. Sebagaimana kita ketahui, ada banyak hal yang mungkin saja bisa terjadi saat diperjalanan. Namun, setiap orang bisa mewaspadainya agar terhindari dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, berikut ini adalah bagian-bagian pada kendaraan yang harus dicek sebelum pergi mudik.



  1. Area kelistrikan


Bagian kelistrikan begitu penting untuk dilakukan pengecekan. Sebab, jika ada kerusakan pada bagian kelistrikan maka akan berdampak pada komponen lain seperti lampu, aki, dan starter. Jika ketiganya rusak atau bahkan mati tiba-tiba di jalan, maka kamu tidak akan bisa melanjutkan perjalanan mudik. Untuk itu periksalah segera bagian kelistrikan pada motor.



  1. Sistem pengereman


Dalam sebuah kendaraan, rem merupakan peranti keselamatan. Rem berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan dan juga menghentikan gerakan roda. Untuk itu segeralah cek bagian pengereman seperti kanvas, minyak rem, dan kaliper. Namun yang paling utama adalah bagian kampas rem. Pastikan kampas rem tidak dalam kondisi aus atau sudah tipis agar saat pengereman lebih pakem dan menggigit.



  1. Oli Mesin, Oli Gardan, dan CVT


Agar kondisi mesin tetap prima selama perjalanan mudik maka pastikan sudah mengganti oli terlebih dahulu. Normalnya oli mesin diganti setiap 2000 - 4000 kilometer. Sedangkan oli gardan pergantiannya lebih lama dibandingkan dengan oli mesin yakni di setiap 8000 - 10.000 kilometer. Lalu, jangan lupa periksa bagian CVT. Jika motor sudah menempuh jarak hingga 12.000 kilometer maka gasket CVT sudah harus diganti. Bila CVT sudah retak, roller sudah tidak merata, dan belt sudah keras/getas sebaiknya segeralah untuk menggantinya.



  1. Rantai dan Gear


Bagi para pengendara motor bertransmisi manual atau motor bebek, wajib memperhatikan dua bagian ini. Jika rantai sudah kendur dan gear sudah lancip usahakan untuk langsung menggantinya ke bengkel resmi atau bengkel langganan yang sudah terpercaya.



  1. Kabel Gas dan Kopling


Karena berkendara dengan motor kopling lebih menguras tenaga dibandingkan dengan motor matic dan bebek, untuk itu pastikanlah bagian kabel gas dan kopling tidak dalam kondisi seret apalagi sampai rusak. Sungguh sangat tersiksa jika selama diperjalanan ada kerusakan pada bagian vital ini.



  1. Ban


Bagian terakhir yang wajib untuk diperiksa kondisinya sebelum mudik adalah bagian alas kaki motor yakni ban. Ban adalah komponen penting pada kendaraan, baik itu roda empat maupun roda dua. Hal itu dikarenakan ban merupakan salah satu penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. Jadi pastikan ban belum masuk masa keausan. Cara memeriksanya yakni, cek TWI (Tread Wear Indicator) apakah sudah sejajar atau belum dengan telapak ban. Jika sudah, maka segera ganti ban dengan yang baru. Jangan tungggu sampai ban botak baru mau menggantinya. Karena bila begitu maka jangan heran jika terjadi hal-hal yang membahayakan seperti tergelincir karena ban licin dan slip. Berbicara lebih lanjut mengenai ban, pastikan pilihannya tidak lain tidak bukan adalah Maxxis. Ban Maxxis sudah terbukti tangguh di segala jenis lintasan dan tentunya sudah pasti awet. Apapun jenis motornya, bannya harus Maxxis!



Have an enquiry? Choose how you'd like to get in touch below.

Maxxis Contact
: (021) 80677800
: ptmmaxxis@gmail.com
: Maxxisid
: maxxis.id
: Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok CG No.1, Kelurahan, Pasirranji, Kec. Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat 17530
Map Location